Sedikit Penjelasan Mengenai Multimedia
Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan
pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam
definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada
komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi
dengan kita. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga,
harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang
saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk
mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri.
Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti luas
namanya.
Misalnya jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari definisi diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang offline (tradisional).
Misalnya jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari definisi diatas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia yang offline (tradisional).
Kategori
Multimedia
Multimedia
dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production
dan Multimedia Communication.
Multimedia
Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics,
animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu
informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik,
film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan
beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- · Media teks/tulisan
- · Media audio/suara
- · Media video
- · Media animasi
- · Media gambar
- · Media Interaktif
- · Media spesial effect
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media
cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan
material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah :
- · TV
- · Radio
- · Film
- · Media Cetak
- · Musik
- · Game
- · Entertainment
- · Tutorial
- · Internet
Multimedia
Content Production
Unsur
yang terdapat dalam multimedia yang telah dijelaskan pada di awal. Ada 5
komponen multimedia yang telah dijelaskan oleh Hofstetter (2001) dalam buku
Multimedia Literacy yaitu: suara, animasi, video, grafik, dan teks.
A. Suara
Multimedia
tanpa bunyi disebut unimedia. Bunyi atau audio dalam multimedia. Bunyi
memainkan peranan penting dalam teknologi multimedia saat ini. Terdapat
berbagai cara yang dapat digunakan agar dalam suatu multimedia terdapat suara
manusia. Antara lain dengan cara merekam menggunakan microphone atau pengeras
suara yang telah tersedia pada setiap komputer. Format yang mendukung suara
adalah : mp3, wav, voc, snd, aud dan sebagainya. unsur multimedia Di dalam
sebuah tampilan slide multimedia pembelajaran bisa kita sisipkan berbagai macam
suara yang bisa menjadikan tampilan itu lebih menarik untuk diikuti. Bunyi
menghapuskan perasaan janggal dan seolah-olah pengguna sedang berkomunikasi
dengan manusia lain dan bukan dengan mesin. Dahulu suara berbentuk data atau
sinyal analog yang direkam kedalam pita kaset, saat ini telah berkembang
menjadi sinyal digital yang dapat disimpan dalam media penyimpanan komputer.
Format audio yang paling banyak digunakan dalam file digital ini adalah mp3,
midi, rm, aif, dan wav. Sedangkan dari segi kualitas audio yang baik, saat ini
format mp3 merupakan pilihan yang terbaik. Disamping kapasitas file yang
relatif kecil, suara yang dihasilkan juga cukup bagus. Untuk audio digital ini
dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Software yang dapat digunakan untuk
mengolah audio antara lain Adobe Audition, Cool Edit, Sony Sound Forge, dan
lain sebagainya
B. Animasi
Animasi
adalah salah satu elemen multimedia yang cukup menarik, karena animasi membuat
sesuatu seolah-olah bergerak. Animasi merupakan rangkaian sejumlah gambar yang
ditampilkan secara bergantian. Animasi tidak hanya berguna untuk film saja,
dalam dunia situs web, animasi digunakan untuk memberikan sentuhan manis pada
situs. Sedangkan dalam dunia pendidikan, animasi dapat digunakan sebagai alat
bantu penjelasan agar orang-orang yang diajar bisa lebih memahami maksud suatu
konsep. Animasi dibagi dalam 2 kelas besar yaitu animasi 3 Dimensi dan animasi
2 Dimensi. Software yang dapat digunakan dalam membuat animasi cukup banyak
diantaranya adalah Flash MX, Swish MX, Blender, untuk animasi 2D sedangkan 3DS
Max, Maya 3D, Alias Maya, dan Autocad merupakan software yang dapat digunakan
untuk membuat animasi 3D.
C. Video
Video
dalam multimedia memiliki peran yang sangat penting. Dengan video pengguna akan
merasa lebih dekat dengan apa yang ingin dipelajari. Video bisa lebih
memberikan penjelasan yang bisa diambil kesimpulan secara mandiri oleh pengguna
sehingga lebih mudah untuk diingat dan difahami. Penggunaan video dalam
multimedia memiliki kelebihan tersendiri. Tampilan video sebagai gambar hidup
dapat meningkatkan keefektifan multimedia dalam menyampaikan pesan atau misi
yang dibawa. Dalam multimedia video cukup berperan, disamping kelebihannya
dapat direkam dan diputar ulang, video lebih mampu menjelaskan tentang suatu
proses karena terdapat penggabungan 2 indera yaitu penglihatan dan pendengaran,
sehingga materi yang disampaikan oleh video tersebut lebih mudah diserap dan
dimengerti oleh peserta didik. Pada masa awal video, media ini hanya berupa
tampilan visual bergerak tanpa suara. Media yang digunakan untuk menyimpan atau
merekam gambar merupakan pita yang di tata sedemikian rupa. Saat ini dengan
perkembangan teknologi komputer, memberikan efek baik pada perkembangan video.
Video yang pada awalnya berupa sinyal-sinyal yang disimpan dalam media pita,
sekarang dapat disimpan dalam media elektrik yaitu digital video. Dengan
berkembangnya teknologi dibidang komputer ini, digital video dikemas dalam
beberapa format yaitu mpeg, avi, dat, ogg, flv, dan lain sebagainya, dapat
dirubah sesuai dengan kebutuhan dari editor atau perancang dengan menggunakan
beberapa software yang cukup banyak digunakan dalam industri perfilman.
Beberapa software yang ada adalah Sony Vegas yang dirilis oleh Sony Pictures Digital
Inc, yang saat ini telah mencapai versi ke 7, Adobe Premier oleh Adobe System
Incorporated, Pinnacle Studio, dan Microsoft dengan Windows Movie Maker.
D. Grafik
Grafik
boleh didefinasikan sebagai sebuah lukisan, pencetakan, gambar atau huruf
dengan menggunakan berbagai media secara manual atau menggunakan teknologi
komputer. Seni grafik berkomputer digunakan secara meluas dalam dunia
kejuruteraan, industri berat, animasi dan perfilman. Teknik ini dapat
menampakkan atau menvisualkan suatu imaginasi seseorang pada monitor komputer.
Software yang dapat digunakan untuk mendesain atau melakukan manipulasi gambar
digital adalah Corel Draw dan Corel Photo yang telah mencapai versi 13, Adobe
Photoshop, Paint, ACDSee, dan lain sebagainya. Format gambar yang didukung
dalam multimedia cukup beragam mulai dari BMP, JPG, tiff, ico,PNG, dan lain
sebagainya.
E. Teks
Teks
adalah sejenis data yang paling mudah dan memerlukan sedikit ruang untuk
mengingat. Teks boleh digunakan dalam berbagai sub bidang untuk memberi penjelasan
kepada suatu perkara dalam bentuk bacaan. Text berfungsi untuk memperkokoh
media-media lain. Teks merupakan sarana penyampaian informasi. Penggunaan teks
dalam multimedia tergantung pada karakteristik multimedia tersebut. Sebuah game
multimedia tidak memerlukan teks yang banyak, sebaliknya sebuah multimedia
ensiklopedi membutuhkan teks yang banyak. Secara umum terdapat empat tipe teks
:
- Teks cetak Yaitu teks yang tercetak di atas kertas penggunaan teks ini sebagai basis dokumen pada multimedia harus diolah agar mampu dibaca oleh mesin.
- Teks hasil scan Teks jenis ini merupakan teks yang dihasilkan oleh scanner, merupakan hardware yang dapat digunakan untuk merubah teks cetak atau gambar cetak menjadi data elektrik sehingga dapat dibaca dan diedit dengan bantuan komputer.
- Teks elektronik Yaitu teks yang dihasilkan oleh perangkat elektronik. Teks ini dapat dibaca komputer dan dikirim melalaui jaringan.
- Hyperteks Hyperteks merupakan dasar dalam produksi multimedia. Hyperteks adalah teks yang telah masuk link. Teks dengan tipe ini memungkinkan sisi interaktif dalam multimedia terpenuhi.
0 comments:
Posting Komentar