Manusia dan Tanggung Jawab

/ Senin, 25 Juni 2012 /

Tanggung jawab 

Tanggung jawab adalah suatu kondisi dimana adanya  kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang baik itu disengaja ataupun tidak disengaja yang didasari keinginan untuk memperbaiki suatu kesalahan yang pernah dilakukannya.
Makna tanggung jawab
manusia akan merasa bertanggung jawab bila atau karena  dia menyadari akibat baik atau buruk dari perbuatannya , juga menyadari  bahwa ada pihak lain yang memerlukan pengadilan atau pengorbanan. tanggung jawab merupakan kewajiban yang harus di pikul sebagai bentuk akibat dari perbuatan. bersifat kodrati, setiap manusia harus bertanggung jawab sehingga bisa dianggap beradab. Kewajiban atau beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain. yang dengan keseimbangan, keserasian keselarasan antara sesama manusia, antara manusia dan lingkungan, antara manusia dan Tuhan, sehingga bisa dipelihara dengan baik. Apabila seseorang tersebut tidak mau bertanggung jawab, maka akan ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu kepada nya. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia hidup secara bermasyarakat. untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran akan  tanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui, pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Jenis – jenis tanggung jawab

Tanggung jawab ada beberapa macam diantaranya adalah :
A.    Tanggung jawab terhadap diri sendiri
adalah suatu bentuk dimana kita bertanggung jawab atas diri kita sendiri, Jika kita melakukan kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain, maka kita harus bisa bertanggung jawab atas perbuatan yang sudah kita lakukan.
Contohnya :
karena akan ulangan maka kita harus belajar, jika kita tidak belajar maka kita akan mendapat nilai yang jelek. belajar merupakan kewajiban dan sekaligus merupakan tanggung jawab kita sebagai pelajar untuk medapatkan hasil sebagus mungkin
B.     Tanggung jawab terhadap keluarga
adalah suatu bentu tanggung jawab yang terjadi antar anggota keluarga, menyangkut nama baik, kesejahteraan, kesehatan dll
Contohnya :
Seorang ayah sebagai kepala keluarga harus dapat menafkahi keluarganya agar tercipta kesejahteraan, selain itu juga harus menjadi panutan agar menjadi teladan
selain itu sebagai anak juga harus dapat bersikap baik sopan dll agar bisa menjaga nama baik keluarga.
C.    Tanggung jawab terhadap masyarakat
pada dasarnya manusai adalah mahkluk sosial, yang saling membutuhkan manusia lainnnya, sehingga tercipta komunitas. maka dari itu tiap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab mereka masing masing.
Contohnya :
Di suatu desa, semua orang atau penduduk disana saling bertanggung jawab dan menjaga keamanan desa, saling melindungi satu sama lain, menjaga nama baik lingkungannya. merupakan tanggung jawab masyarakat desa sebagai bagian dari desa tersebut
D.    Tanggung jawab terhadap negara dan bangsa
sebagai warga Negara . perbuatan dan tindakan berdasarkan norma – norma dan aturan – aturan atau hukum yang dibuat oleh Negara. Jika jika melanggar maka seseorang itu bertanggug jawab pada Negara.
Contohnya :
koruptor harus mempertanggung jawabkan kesalahan yang dilakukkannya dalam penggadilan dan kepada negara dan masyarakat
E.     Tanggung jawab terhadap tuhan
tiap manusia sebagai umat memiiki tanggung jawab terhadap tuhan yang maha esa
Contohnya :
sebagai seorang umat kita harus mempelajari, memahami dan melaksanakan ajaran agama kita ini sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada tuhan yang maha esa.

Pengabdian dan Pengorbanan

Pengabdian
adalah sautu kondisi dimana seseorang telah menyatakkan dirinya  iklas melakukkan sesuatu sebagai bentuk perwujudan kesetiaan, cinta, kasih sayang, hormat nya kepada orang yang di abdi kannya

Macam - macam pengabdian
  1. Pengabdain kepada tuhan yang maha esa
  2. Pengabdain kepada masyarakat
  3. Pengabdain kepada negara
Contoh pengabdian dalam kehidupan sehari hari
-melakukan ibadah sesuai agama masing masing dan menlaksanakan ajarannya merupakan pengabdian yang kita laukukan pada tuhan yang maha esa
-tidak membunag sampah sembaranganmerupakan pengabidan kita pada masyarakat
-tidak melakukan tindakkan kejahatan dan mengharumkan nama bangsa negara merupakan pengabdian kita pada negara

Pengorbanan
adalah kondisi dimana seseorang menrelakan melepaskan atau memberikan sesuatu yang dimilikinya atau dirinya sendiri demi dan untuk kepentingan keabikan orang banyak.

Macam - macam pengorbanan
  1. Pengorbanan terhadap keluarga
  2. Pengorbanan terhadap masyarakat
  3. Pengorbanan terhadap bangsa dan Negara
  4. Pengorbanan terhadap diri sendiri
  5. Pengorbanan terhadap orang yang dikasihi

AKIBAT DARI PENGORBANAN
Pengorbanan terjadi karena adanya  pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta, benda, pikiran, perasaan, bahkan berupa nyawa. Pengorbanan dilakukan secara ikhlas tanpa pamrih, dan tanpa mengharapkan balasan. akibat dari pengorbanan ialah kita kehilanggan sesuatu baik apapun itu.
contoh pengorbanan
di suatu negeri yang kelaparan, ada seorang ibu yang berkerja keras untuk menghidupi anaknya, ibu itu disiksa oleh majikkannya namun dia tetap bertahan agar tetap dapat berkerja agar anak nya tidak semakin kelaparan. jika pulang membawa makananan ibu itu langsung memberikkan pada anaknya jauh lebih banyak dari bagiannya. dan merasa senang anaknya bisa makan walau dia kelaparan dan tersakiti. suatu hari si ibu di pecat karena negeri itu memang sudah krisis, ibu dan anak itu kelaparan  berhari hari kelaparan si ibu sudah melakukkan banyak hal agar anaknya bisa makan, sampai suatu hari si ibu tidak tau lagi harus bagimana, dan anaknya semakin kelaparan. si ibu karena cintanya yang besar pada anaknya memotong dagingnya sendiri dan memasak daging tersebut untuk dimakana anaknya.
begitu besar pengorbanan seorang ibu kepada anakknya kerana itu sebagai anak kita harus berbakti menjaga merawat dan menyanyangi ibu kita.

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Friends

About

Thanks for visit my blog enjoy it :)
 
Copyright © 2010 Elpnewa, All rights reserved