Phobia dan Ketakutan

/ Jumat, 15 Juni 2012 /
Fobia dan Ketakutan: Gejala, Perawatan, dan Dukungan
Hampir setiap orang memiliki ketakutan irasional atau dua. Tapi, ketika kekhawatiran menjadi begitu parah sehingga mereka mengganggu kehidupan normal Anda mereka disebut fobia. Fobia dapat dikelola dan disembuhkan. Strategi self-help dan terapi dapat membantu Anda mengatasi kecemasan dan ketakutan dan melanjutkan hidup Anda.


Apa itu Phobia?
Phobia adalah ketakutan intens sesuatu yang dalam kenyataannya, menimbulkan bahaya yang sebenarnya sedikit atau tidak ada. Fobia umum dan ketakutan meliputi tertutup di tempat-tempat, ketinggian, jalan raya mengemudi, terbang serangga, ular, dan jarum. Namun, kita dapat mengembangkan fobia dari apa pun. Phobia yang paling berkembang di masa kecil, tetapi mereka juga dapat berkembang pada orang dewasa.
Jika Anda memiliki fobia, Anda mungkin menyadari bahwa rasa takut Anda tidak masuk akal, namun Anda masih tidak dapat mengendalikan perasaan Anda. Hanya berpikir tentang objek atau situasi yang ditakuti dapat membuat Anda cemas. Dan ketika Anda benar-benar terkena hal yang Anda takut, teror adalah otomatis dan luar biasa.

Pengalaman ini sangat menegangkan bahwa Anda mungkin berusaha keras untuk menghindarinya - merepotkan diri sendiri atau bahkan mengubah gaya hidup Anda. Jika Anda memiliki claustrophobia, misalnya, Anda mungkin menolak tawaran pekerjaan yang menguntungkan jika Anda harus naik lift untuk sampai ke kantor. Jika Anda memiliki takut ketinggian, Anda mungkin menggerakkan sebuah dua puluh mil ekstra untuk menghindari jembatan tinggi. Memahami fobia Anda adalah langkah pertama untuk mengatasinya. Sangat penting untuk mengetahui bahwa fobia yang umum. Memiliki fobia tidak berarti kau gila! Hal ini juga membantu untuk mengetahui bahwa fobia sangat diobati. Anda dapat mengatasi kecemasan dan ketakutan, tidak peduli seberapa luar kendali rasanya.

Takut "Normal" vs Fobia
Hal yang biasa dan bahkan membantu untuk mengalami rasa takut dalam situasi berbahaya. Ketakutan adalah respon manusia adaptif. Ini melayani tujuan pelindung, mengaktifkan otomatis "hadapi atau lari" respon. Dengan tubuh dan pikiran kita waspada dan siap beraksi, kami dapat merespon dengan cepat dan melindungi diri kita sendiri.
Tetapi dengan fobia ancaman itu sangat berlebihan atau tidak ada. Sebagai contoh, adalah wajar untuk merasa takut dari Doberman menggeram, tetapi tidak rasional akan takut pudel ramah dengan tali, karena Anda mungkin jika Anda memiliki fobia anjing.


Jenis fobia dan ketakutan

Ada empat jenis umum fobia dan ketakutan:
  1. Fobia Hewan . Contohnya termasuk takut ular, takut laba-laba, takut tikus, dan takut anjing
  2. Fobia lingkungan alam. Contohnya termasuk takut ketinggian, takut badai, takut air, dan takut gelap. 
  3. Fobia situasional (ketakutan dipicu oleh situasi tertentu). Contohnya termasuk takut ruang tertutup (claustrophobia), takut terbang, takut mengemudi, takut terowongan, dan takut jembatan
  4. Darah-Injeksi-Cedera fobia. Rasa takut darah, takut atau cedera, atau rasa takut terhadap jarum atau prosedur medis lainnya. 

Umum fobia dan ketakutan
  • ·         Takut laba-laba
  • ·         Takut ular
  • ·         Takut ketinggian
  • ·         Ketakutan atau ruang tertutup
  • ·         Takut badai
  • ·         Takut jarum dan suntikan
  • ·         Takut berbicara di depan umum
  • ·         Takut terbang
  • ·         Takut kuman
  • ·         Takut penyakit atau kematian

Contoh kasus Sosial fobia dan ketakutan berbicara di depan umum

Fobia Sosial

Sosial fobia, juga disebut gangguan kecemasan sosial, adalah ketakutan akan situasi sosial di mana Anda mungkin malu atau dinilai. Jika Anda memiliki fobia sosial Anda mungkin terlalu sadar diri dan takut mempermalukan diri di depan orang lain. Kecemasan Anda mengenai bagaimana Anda akan terlihat dan apa yang orang lain akan berpikir dapat mengarahkan Anda untuk menghindari situasi sosial tertentu Anda sebaliknya akan menikmati. Takut berbicara di depan umum, sebuah fobia sangat umum, adalah jenis fobia sosial. Ketakutan lain yang terkait dengan fobia sosial termasuk takut makan atau minum di depan umum, berbicara dengan orang asing, mengambil ujian, berbaur di sebuah pesta, dan dipanggil di dalam kelas.

Agoraphobia (takut akan ruang terbuka)

Agoraphobia Agoraphobia merupakan fobia yang tidak cocok dengan salah satu dari empat kategori. Secara tradisional diduga melibatkan rasa takut tempat-tempat umum dan ruang terbuka, sekarang percaya bahwa agoraphobia berkembang sebagai komplikasi dari serangan panik.
Takut memiliki serangan panik, Anda menjadi cemas tentang berada di situasi di mana melarikan diri akan sulit atau memalukan, atau di mana bantuan tidak akan segera tersedia. Sebagai contoh, Anda cenderung menghindari tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan dan bioskop. Anda juga dapat menghindari mobil, pesawat terbang, kereta bawah tanah, dan bentuk lain dari perjalanan. Dalam kasus yang lebih parah, Anda hanya mungkin merasa aman di rumah.

Tanda dan gejala Fobia

Gejala fobia dapat berkisar dari ringan perasaan ketakutan dan kecemasan terhadap serangan panik penuh. Biasanya, semakin dekat Anda dengan hal yang Anda takut, semakin besar rasa takut Anda akan. Ketakutan Anda juga akan lebih tinggi jika lolos sulit.

Fisik tanda dan gejala fobia
  • ·         Kesulitan bernapas
  • ·         Racing atau berdebar jantung
  • ·         Nyeri dada atau sesak
  • ·         Gemetar atau bergetar
  • ·         Merasa pusing atau pusing
  • ·         Sebuah perut berputar
  • ·         Panas atau dingin berkedip; sensasi kesemutan
  • ·         Berkeringat 

Emosional tanda dan gejala fobia
  • ·         Perasaan cemas berlebihan atau panik
  • ·         Merasa kebutuhan intens untuk melarikan diri
  • ·         Merasa "tidak nyata" atau terlepas dari diri sendiri
  • ·         Takut kehilangan kontrol atau menjadi gila
  • ·         Merasa seperti Anda akan mati atau pingsan 
  • .          Mengetahui bahwa Anda bereaksi berlebihan, tapi merasa tak berdaya untuk mengendalikan rasa takut Anda

Meskipun fobia yang umum, mereka tidak selalu menyebabkan penderitaan besar atau secara signifikan mengganggu hidup Anda. Misalnya, jika Anda memiliki fobia ular, dapat menyebabkan tidak ada masalah dalam kegiatan sehari-hari Anda jika Anda tinggal di kota di mana Anda tidak mungkin untuk menjalankan menjadi satu. Di sisi lain, jika Anda memiliki fobia parah ruang penuh sesak, hidup di kota besar akan menimbulkan masalah.
Jika fobia Anda tidak benar-benar berdampak pada kehidupan Anda yang jauh, mungkin ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi jika penghindaran dari objek, aktivitas, atau situasi yang memicu fobia Anda mengganggu fungsi normal Anda atau membuat Anda melakukan hal yang sebaliknya akan menikmati, saatnya untuk mencari bantuan.

Pertimbangkan pengobatan untuk fobia Anda jika:
  • Hal ini menyebabkan rasa takut yang sangat dan melumpuhkan, gelisah, dan panik.
  • Anda mengakui bahwa rasa takut adalah berlebihan dan tidak masuk akal.
  • Anda menghindari situasi tertentu dan tempat-tempat karena fobia Anda.
  • Menghindari Anda mengganggu rutinitas normal Anda atau menyebabkan penderitaan yang signifikan.
  • Anda telah memiliki fobia paling sedikit enam bulan. 

Self-help atau terapi untuk fobia: mana pengobatan yang terbaik?

Ketika datang untuk mengobati fobia, strategi self-help dan terapi bisa berdua akan efektif. Apa yang terbaik untuk Anda tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan fobia Anda, pertanggungan asuransi Anda, dan jumlah dukungan yang Anda butuhkan.
Sebagai aturan umum, menolong diri sendiri selalu patut dicoba. Semakin Anda dapat lakukan untuk diri sendiri, semakin dalam kendali Anda akan merasa-yang berjalan jauh ketika datang untuk fobia dan ketakutan. Namun, jika fobia Anda begitu parah sehingga memicu serangan panik atau kecemasan yang tidak terkendali, Anda mungkin ingin mendapatkan dukungan tambahan.
Kabar baiknya adalah bahwa terapi untuk fobia memiliki track record yang bagus. Tidak hanya bekerja sangat baik, tetapi Anda cenderung melihat hasil yang sangat cepat-kadang dalam sebagai sedikit sebagai 1-4 sesi.
Namun, dukungan tidak harus datang dengan menyamar sebagai seorang terapis profesional. Hanya memiliki seseorang untuk memegang tangan Anda atau berdiri di sisi Anda saat Anda menghadapi ketakutan Anda dapat sangat membantu.

Fobia pengobatan tips 1 : Hadapilah ketakutan Anda, satu langkah pada satu waktu
Jadi sangat wajar untuk ingin menghindari hal atau situasi yang Anda takuti. Tapi ketika datang untuk menaklukkan fobia, menghadapi ketakutan Anda adalah kuncinya. Sedangkan penghindaran mungkin membuat Anda merasa lebih baik dalam jangka pendek, mencegah Anda dari belajar bahwa fobia Anda mungkin tidak menakutkan atau luar biasa yang Anda pikirkan. Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar bagaimana mengatasi rasa takut dan kontrol pengalaman atas situasi. Akibatnya, fobia menjadi semakin menakutkan dan lebih menakutkan dalam pikiran Anda.

Pemajanan: Secara bertahap dan berulang kali menghadapi ketakutan Anda
Cara yang paling efektif untuk mengatasi fobia adalah dengan secara bertahap dan berulang kali membuka diri dengan apa yang Anda takut dengan cara yang aman dan terkendali. Selama proses paparan, Anda akan belajar untuk naik keluar dari kecemasan dan ketakutan sampai pasti berlalu.
Melalui pengalaman yang berulang menghadapi rasa takut Anda, Anda akan mulai menyadari bahwa yang terburuk tidak akan terjadi, Anda tidak akan mati atau "hilang". Dengan paparan masing-masing, Anda akan merasa lebih percaya diri dan terkendali. Fobia mulai kehilangan kekuatannya.
Berhasil menghadapi ketakutan Anda memerlukan perencanaan, praktek, dan kesabaran. Tips berikut akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari proses eksposur.

Fobia pengobatan tips 2 : Belajar teknik relaksasi
Sebagaimana yang anda ingat, bila Anda takut atau cemas, Anda mengalami berbagai gejala fisik tidak nyaman, seperti jantung balap dan perasaan tercekik. Sensasi ini fisik dapat menakutkan diri-dan sebagian besar dari apa yang membuat fobia Anda sehingga menyedihkan. Namun, dengan belajar dan berlatih teknik relaksasi, Anda bisa menjadi lebih percaya diri dalam kemampuan Anda untuk mentoleransi kaum sensasi tidak nyaman dan menenangkan diri dengan cepat.
Teknik relaksasi seperti bernapas dalam, meditasi, dan relaksasi otot adalah penangkal ampuh untuk kecemasan, panik ketakutan, dan. Dengan latihan teratur, mereka dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengontrol gejala fisik kecemasan, yang akan membuat Anda menghadapi fobia tidak menakutkan. Teknik relaksasi juga akan membantu Anda mengatasi lebih efektif dengan sumber stres dan kecemasan dalam hidup Anda.

Sebuah pernapasan sederhana dalam latihan relaksasi
Bila Anda cemas, Anda cenderung untuk mengambil cepat, napas pendek (juga dikenal sebagai hiperventilasi), yang sebenarnya menambah perasaan fisik dari kecemasan. Dengan menarik napas dalam dari perut, Anda dapat membalikkan sensasi fisik. Anda tidak dapat marah ketika Anda bernapas perlahan, dalam, dan tenang. Dalam waktu beberapa menit dari pernapasan dalam, Anda akan merasa kurang tegang, sesak napas, dan cemas.

  • Duduk atau berdiri dengan nyaman dengan punggung lurus. Letakkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut.
  • Ambil napas lambat dalam melalui hidung, menghitung sampai empat. Tangan di perut Anda harus naik. Tangan di dada Anda harus bergerak sangat sedikit.
  • Tahan napas selama hitungan tujuh.
  • Buang napas melalui mulut hingga hitungan delapan, mendorong keluar udara sebanyak yang Anda bisa sementara kontrak otot perut. Tangan di perut Anda harus bergerak saat Anda mengeluarkan napas, tapi tangan Anda yang lain harus bergerak sangat sedikit.
  • Tarik napas lagi, mengulangi siklus sampai Anda merasa rileks dan terpusat. 

Cobalah berlatih teknik pernapasan dalam selama lima menit dua kali sehari. Anda tidak perlu merasa cemas untuk berlatih. Bahkan, yang terbaik untuk berlatih ketika Anda merasa tenang sampai Anda terbiasa dan nyaman dengan latihan. Setelah Anda merasa nyaman dengan teknik pernapasan dalam, Anda dapat mulai menggunakannya ketika Anda menghadapi fobia atau dalam situasi stres lainnya.

Fobia pengobatan 3 : Tantangan pikiran negatif
Belajar untuk menantang pikiran tidak membantu merupakan langkah penting dalam mengatasi fobia Anda. Bila Anda memiliki fobia, Anda cenderung untuk melebih-lebihkan seberapa buruk itu akan jika Anda terkena situasi yang Anda takuti. Pada saat yang sama, Anda meremehkan kemampuan Anda untuk mengatasinya.
Para cemas pikiran yang memicu dan bahan bakar fobia biasanya negatif dan tidak realistis. Ini dapat membantu untuk menempatkan pikiran untuk menguji. Mulailah dengan menuliskan setiap pikiran negatif yang Anda miliki ketika dihadapkan dengan fobia Anda. Banyak kali, pikiran-pikiran jatuh ke dalam kategori berikut:

  • Mengatakan Fortune. Misalnya, "Jembatan ini akan runtuh," "Aku akan membuat diriku sendiri pasti," "Saya pasti akan kehilangan ketika pintu lift dekat."
  • Generalisasi yang berlebihan. "Saya pingsan sekali sementara mendapatkan tembakan. Aku tidak akan pernah bisa mendapatkan tembakan kembali tanpa melalui keluar, "" Itu pit bull menerjang saya. Semua anjing adalah berbahaya. "
  • Sebagai bencana. "Kapten berkata kita akan melalui turbulensi. Pesawat ini akan jatuh! "" Terbatuk Orang di sebelah saya. Mungkin karena flu babi. Aku akan menjadi sangat sakit! "

Referensi

1 comments:

{ Unknown } on: 1 Januari 2015 pukul 00.30 mengatakan...

Tulisannya sangat bermanfaat, .
Dari Lampu Proyektor ANTI GELAP, http://lamputidurproyektor.blogdetik.com/, 081555936068
Terimakasih :)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Friends

About

Thanks for visit my blog enjoy it :)
 
Copyright © 2010 Elpnewa, All rights reserved