Bounce
dikalangan Webmaster dan Blogger
Istilah bounce
rate sering terdengar dikalangan webmaster dan blogger. kata bounce rate
terdengar dan terkesan negatif sehingga mereka berbondong bondong berusaha
menurunkan tingkat atau persentase bounce rate serendah mungkin. pada dasarnya,
dipahami bahwa semakin tinggi bounce rate semakin buruk kualitas sebuah
web/blog. dan semakin rendah bounce rate semakin bagus kualitasanya. tapi apa
sebenarnya bounce rate itu?
Secara harfiah,
kata "bounce rate" berarti rata - rata kelembaman atau tingkat
kelambungan. dalam kaidah website, bounce rate diartikan sebagai persentase
kunjungan pada suatu halaman dimana pengunjung masuk(landing page) dan kemudian
pergi dari halaman tersebut (artinya pengunjung masuk ke sebuah halaman
web/blog dan kemudian langsung pergi tanpa masuk atau membuka halaman lain pada
web/blog yang sama). bounce rate adalah metriks (alat ukur) untuk mengetahui
seberapa besar kualitas kunjungan pada sebuah web/blog. metriks bounce rate
seringkali kita temui pada alat atau tool penilai traffic web seperti alexa
traffic rank, google analytics, compete rank, dll.
Untuk
mengetahui bounce rate kita bisa pakai alexa traffic rank. Seperti dibawah ini
- Untuk mengetahui info mengenai bounce rate/ traffic rank web/blog kita bisa mengisikan alamat tujuan web/blog pada field advance search. Setelah itu klik yang get details.
- Maka akan tampil Traffic Status dari web/blog yang kita input tadi, disitu terdapat sebuah grafik mengenai status web/blog mulai dari 7 minggu, 1 bulan, dan 3 bulan terakhir.
- Pada Traffic Stats terdapat beberapa tombol button seperti Traffic Rank, Reach% Pageviews% Pageviewuser, Bounce%, Time on Site, dan Search%. Kita juga bisa mengcompare beberapa web/blog dengan mengisi column yang terdapat pada compare.
- Setelah mengcompare maka akan terdapat status bounce rate dari beberapa web universitas di antarannya itb.ac.id, ui.ac.id, its.ac.id, gunadarma.ac.id, dan ugm.ac.id. disitu terdapat grafik status mulai dari bulan September – November.
Pada
grafik diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pada bulan November pergerakan
Bounce Rate pada 5 website Universitas menunjukan bahwa website dari
Universitas Gunadarma , Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung,
Universitas Gajah Mada , dan Institut Teknologi Sepuluh November sangat
bersaing ketat dalam pergerakan Bounce Rate yaitu sama-sama tinggi (>40%).
0 comments:
Posting Komentar