Pengenalan Java dan Program Sederhana Java

/ Sabtu, 22 Oktober 2011 /
Apa itu Java ?
}  Bahasa pemrograman berorientasi objek murni yang dibuat berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik bahasa pemrograman objek sebelumnya (C++, Ada, Simula).
}  Diciptakan oleh James Gosling, developer dari Sun Microsystems pada tahun 1991.
Karakteristik Java
}  Sederhana, semudah C dan seampuh C++: berlawanan dengan anggapan orang-orang bahwa bahasa Java sulit untuk dipelajari, Java gampang untuk dipelajari terutama untuk orang yang sudah mengenal pemrograman tapi belum terlalu terikat pada paradigma pemrograman prosedural. Tentu saja ini berarti bahwa kita harus siap mempelajari salah satu teknologi yang berkembang paling cepat di dunia dalam dua tahun terakhir ini dengan banyak membaca tentunya baik dari buku maupun melalui web.
}  Sangat berorientasi obyek (OOP) dengan implementasi yang sangat baik
}  Arsitekturnya yang kokoh dan pemrograman yang aman. Dalam Java program yang kita buat tidak mudah untuk “hang” karena konflik pada memori biasanya diselesaikan dengan mengumpulkan obyek-obyek yang sudah tak terpakai lagi secara otomatis oleh garbage collector. Penanganan kesalahan juga dipermudah dalam Java dengan konsep Exception
}  Bukan sekedar bahasa tapi juga platform sekaligus arsitektur. Java mempunyai portabilitas yang sangat tinggi. Ia dapat berada pada smartcard, pager, POS (Point of Service), handphone, PDA, palm, TV, Embedded device (PLC, micro controller), laptop, pc, dan bahkan server). Menyadari akan hal ini Sun membagi arsitektur Java membagi tiga bagian, yaitu:
1.      Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar Java
2.      Standard Java (J2SE), ini adalah yang biasa kita kenal sebagai bahasa Java, dan merupakan fokus kita sekarang.
3.      Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device/mobile device
}  Program Java dijalankan menggunakan interpreter melalui Java Virtual machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
}  Fitur-fitur utama yang lain:
1.      Mendukung multithreading.
2.      Selalu memeriksa tipe obyek pada saat
               runtime.

PROGRAM SEDERHANA JAVA 
LISTING PROGRAM

Program Java Coba2















Program Java Coba3




LOGIKA PROGRAM

Coba2.java








KETERANGA

  • import java.util.*;  adalah menentukan sebuah variable yang digunakan untuk menyimpan data.
  • class coba2 nama coba2 nama class ini harus sama dengan nama file dimana class ini berada, tanpa menggunakan ekstensi .java. Nama class dan nama file ini harus sama agar method main dapat dijalankan.
  • public static void main (String[] args) menu utama yang berfungsi untuk memanggil public dari dalam ataupun dari luar class.
  • Scanner input = new Scanner(System.in); Syntax membuat input data baru yang nantinya berfungsi untuk membaca input yang telah dimasukan/ inputkan yang ada dibawahnya.
  • System.out.print("Masukkan nama anda : "); syntax yang berfungsi untuk mencetak  “Masukan nama anda : yang nantinya di isi oleh nama pengguna.
  • String nama = input.next(); string yang berfungsi untuk menentukan jenis yang di inputkan pada nama yang telah tercetak dari System.out.print
  • System.out.println("Hello "+nama+",  Selamat datang di pemrograman java"); berfungsi untuk membuat suatu perintah, dan untuk membuat penyambutan pada pengguna.

Coba3.java














KETERANGAN

  • import java.util.*;  adalah menentukan sebuah variable yang digunakan untuk menyimpan data.
  • class coba3 nama class ini harus sama dengan nama file dimana class ini berada, tanpa menggunakan
  • ekstensi .java. Nama class dan nama file ini harus sama agar method main dapat dijalankan.
  • public static void main (String[] args) adalah menu utama yang berfungsi untuk memanggil public dari dalam ataupun dari luar class.
  • Scanner input = new Scanner(System.in); Syntax membuat input data baru yang nantinya berfungsi untuk membaca input yang telah dimasukan/ inputkan yang ada dibawahnya.
  • System.out.println("==== Data Mahasiswa ===="); Syntax yang berfungsi untuk mencetak input tampilan Data Mahasiswa.
  • System.out.print("Masukan nama     : "); Syntax yang berfungsi untuk mencetak sebuah perintah “memasukan nama” yang nantinya di isi oleh user.
  • String nama    = input.nextLine(); String yang berfungsi untuk menginput jenis string dari “masukan nama” setelah System.out
  • System.out.print("Masukan npm       : "); Syntax yang berfungsi untuk mencetak sebuah perintah “memasukan npm” yang nantinya di isi oleh user.
  • String npm      = input.nextLine(); String yang berfungsi untuk menginput jenis string dari “masukan npm” setelah System.out
  • System.out.print("Masukan kelas      : "); Syntax yang berfungsi untuk mencetak sebuah perintah “memasukan kelas” yang nantinya di isi oleh user.
  • String kelas     = input.nextLine(); String yang berfungsi untuk menginput jenis string dari “masukan kelas” setelah System.out
  • System.out.println("Nama     : "+nama); Syntax yang berfungsi untuk mencetak inputan nama
  • System.out.println("NPM       : "+npm); Syntax yang berfungsi untuk  mencetak inputan NPM
  • System.out.println("Kelas      : "+kelas); Syntax yang berfungsi untuk mencetak inputan kelas

OUTPUT PROGRAM
Selanjutnya file pada note++ di save dengan format java dan berinama sesuai dengan class ditambahkan .java
lalu buka CMD jalankan program dengan ketik H:\>javac coba.java setelah berhasil ketik H:\>java coba

Java Program Coba2.java












Java Program Coba3.java








0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Friends

About

Thanks for visit my blog enjoy it :)
 
Copyright © 2010 Elpnewa, All rights reserved